Kawasan Industri Cikarang Terus Didandani

Kawasan Industri Cikarang yang Kini Mudah Diakses Dari Jakarta
Kawasan Industri Cikarang yang Kini Mudah Diakses Dari Jakarta

Kawasan Industri Cikarang menjadi salah satu kawasan industri yang menjadi sorotan dunia saat ini. Cikarang yang menjadi bagian dari wilayah Kab. Bekasi itu, sedari awal memang sudah dipersiapkan untuk menjadi sebuah kawasan industri baru. Ini karena, lokasi Kawasan Industri Cikarang yang tak jauh dari DKI Jakarta.

Kedepannya malahan kawasan industrial yang terintegrasi dengan hunian eksklusif bagi semua pekerjanya tersebut, ditargetkan untuk menjadi suatu kota modern. Saat ini saja, Cikarang sudah diangkat-angkat namanya sebagai Shenzhen rasa Bekasi, dimana Shenzhen sendiri merupakan kawasan industri modern yang bertempat di Cina.

Bagaimana tidak? Setidaknya sudah bertengger 4,000 perusahaan di Cikarang yang beroperasi. Dari perusahaan-perusahana tersebut, bisa  diprediksi ada 21,000 ekspat dan puluhan ribu tenaga kerja lokal. Kawasan Industri Cikarang juga punya peranan sebagai pendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia. Yakni, penyumbang 40 persen dari total persentase ekspor Indonesia.

Sesuai dengan catatan Pemerintah Kabupaten Bekasi, kawasan industri di Kab. Bekasi pada tahun 2007 dicatat punya luas mencapai 17,000 ha. Kalau berkiblat pada RTRW (Rencana Tata Ruang dan Wilayah) Kab. Bekasi tahun 2011 hingga 2031, luas area industrial di Bekasi bertambah hingga 23,000 ha yang tersebar di wilayah tersebut.

Kawasan industri Cikarang saat ini pun sedang gencarnya mengembangkan diri, baik dari aspek meluasnya area industri, hunian bagi para tenaga kerja, aneka macam fasilitas, sampai infrastruktur yang mendukung.

Lagipula Kawasan Industri Cikarang yang termasuk dalam kabupaten Bekasi merupakan kawasan yang paling getol melakukan pengembangan, baik dari perluasan wilayah industri, kawasan hunian bagi para pekerjanya, ragam fasilitas pendukung, hingga infrastruktur. Sebut saja Holiday Inn Cikarang, salah satu akomodasi berbintang 4 yang mampu memberikan kenyaman bagi para pengunjungnya.

Daftar kawasan industri yang berada dalam lingkup Kawasan Industri Cikarang

Kawasan Industri yang menjadi bagian dari Kawasan Industri Cikarang antara lain adalah EJIP (East Jakarta Industrial Park), Jababeka Cikarang, Lippo, Delta Mas, Delta Silicon, Hyundai dan MM2100. Semua Kawasan Industri Cikarang tersebut seolah-olah berlomba-lomba untuk berdandan dan bertransformasi menjadi kawasan industri yang sifatnya modern dengan aspek pendukungnya yang serba wah.

Contoh saja pemasokan air di industri, pengolahan dari air limbah, tim cepat tanggap kondisi darurat, lab untuk uji coba air limbah, uji coba air layak minum, sumber air bersih, pemasokan listrik, line telekomunikasi dengan kabel serat optik, sumber gas alam, sumber gas industri sampai servis perbaikan infrastruktur.

Dari sudut pandang bisnis, Jababeka Cikarang juga disokong dengan adanya banyak kantor, bank, apartemen, mal, tempat main golf, spa, restoran, karaoke dan masih banyak lagi.

Akses transportasi juga menjadi nilai tambah dari Kawasan Industri Cikarang. Jababeka Cikarang bisa diakses via tiga pintu tol arus Jakarta – Cikampek. Yakni, tol Cikarang Barat KM28, tol Delta Mas KM37 dan tol Cibatu KM34.7. Belum lagi dioperasikannya jalur tol  Becakayu (Bekasi – Cawang – Kampung Melayu) seksi I baru-baru ini. Akes dari Jakarta ke Cikarang sudah bukan menjadi hal yang sulit lagi.

Ditambah lagi dari rencana pembangunan jalur LRT (Light Rapid Transit) yang terkoneksi ke Jakarta, jalan tol Jakarta-Cikampek II dengan panjang 36 km yang mulai dikonstruksi mulai triwulan II tahun 2017 dan ditarget bisa dinikmati publik pada tahun 2019. Alhasil, Kawasan Industri Cikarang jadi tambah menarik bagi investor asing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *