Timnas Iraq, Peserta Olimpiade Rio Dari Negeri yang Penuh Konflik

Pemain Timnas Iraq yang Tengah Melakukan Selebrasi di Olimpiade Rio 2016
Pemain Timnas Iraq yang Tengah Melakukan Selebrasi di Olimpiade Rio 2016

Dengan lolosnya Irak ke ajang olimpiade Rio 2016, berarti jatah negara Asia untuk dapat bertanding di Olimpiade lengkap sudah. Irak berhasil mengikuti 2 negara Asia lainnya yang lebih dahulu lolos yakni Jepang dan Korea Selatan. Dalam perjuangannya untuk bisa lolos ke Olimpiade, Irak haru mengalami pasang surut dan harus menghadapi Qatar dalam babak playoff.  Seperti kita ketahui, Timnas yang mendapatkan julukan the Lions of Mesopotamia ini, berasal dari salah satu negara yang kondisi politik tidak baik, terorisme mendominasi dan parah lagi negaranya terancam pecah akibat isu suku, etnis dan agama.

Irak sekarang ini sedang berperang dalam melawan kelompok separatis militan yang menamakan dirinya Islamic State of Iraq and Syria atau dikenal dengan ISIS. ISIS saat ini sudah menguasai sepertiga wilayah di Iraq. Namun konflik tersebut nampaknya tidak berpengaruh terhadap kondisi persepabolaan Irak, dimana disaat negaranya banyak konflik yang mendera justru sepakbolanya memiliki prestasi bagus. Bagi rakyat Irak, sepakbola adalah pemersatu sekaligus pelipur lara dimana semua pengikut suni, syiah dan kurdi berhasil membuang rasa perbedaan dan merayakan kemenangan bersama-sama keberhasilan timnasnya ke ajang Olimpiade Rio 2016.

Timnas Irak merupakan sebuah tim sepakbola yang dibawah asosiasi Sepak bola Irak. Selain lolos sebagai peserta Olimpiade Rio 2016, Irak juga juara Piala Asia tahun 2007 yang waktu itu diselenggarakan di 4 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand dan Singapura. Dan Indonesia sangat beruntung, kala itu dapat menyaksikan laga final piala Asia (AFC CUP) yang diselenggarakan di GBK dan akhirnya dimenangkan Irak. Kondisi negaranya kala itu juga sedang porak poranda dimana terjadi infasi Amerika Serikat kenegaranya untuk menumbangkan rezim Saddam Husein. Seolah-olah menghadapi situasi yang sama, lagi-lagi Irak menoreshkan prestasi yang membanggakan dengan lolos sebagai peserta Olimpiade.

Olimpiade Rio 2016 merupakan penampilan timnas Iraq yang kedua kalinya,setelah berhasil tampil di Olimpiade Athena 2004. Setelah 12 tahun menunggu, tentunya menjadi suatu kebanggaan tersendiri diantara para pemain, pelatih bahkan penduduk di negaranya. Saat laga penentuan melawan Qatar, Ayman Hussein tampil sebagai pahlawan dengan mencetak gol ke gawang Qatar didetik-detik buit babak kedua berakhir. Dalam pertandingan selama 90 menit tersebut skor kedua negara sama kuat dengan skor 1-1. Gol kemenangan Irak untuk lolos ke Olimpiade baru terjadi di babak kedua perpanjangan waktu pada menit ke 109.

Pada olimpiade Rio 2016 nanti, Irak berada di satu grup bersama tuan rumah Brazil, Afrika Selatan dan Denmark. Diatas kertas, Irak memang tidak diunggulkan jika dilihat segi penampilan diajang kompetisi dunia. Brazil, Afrika Selatan dan Denmak merupakan negara-negara yang pernah tampil diajang sepakbola dunia seperti piala dunia. Performa tersebut merupakan prediksi semata dan lagipula para pemain Olimpiade bukanlah pemain-pemain profesional atau senior yang berlaga di ajang piala dunia. Jadi peta kekuatan bisa dikatakan setara. Hal yang wajib diwaspadai adalah tekanan dari tuan rumah Brazil dimana skuad mereka diperkuat pemain pro yang bermain di FC Barcelona yaitu Neymar dan tak hanya itu, Skuad timnas Iraq juga haru menahan tekanan mental dari suporter Brazil yang bisa-bisa mempengaruhi performanya. Jika Iraq berhasil mengatasi tekanan-tekanan tersebut, timnas Irak tentunya menjadi tim wajib diwaspadai oleh tim lainnya.

Tentunya penampilan timnas Irak di Olimpiade Rio yang diadakan Agustus 2016 nanti, bisa memberikan nilai positif bagi negaranya sekaligus mendulang prestasi tertinggi dengan merebut emas di ajang Olimpiade. Jika hal itu bisa terjadi otomatis, Timnas Irak berhasil mengulang kesuksesan mereka pada tahun 2007 dimana timnya menjadi juara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *